Petunjuk Teknis Lomba Calistung dan Format Instrumen Penilaian | KKG Gugus Bungursari

Petunjuk Teknis Lomba Calistung dan Format Instrumen Penilaian

Tujuan Pendidikan Dasar adalah: meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, dengan penekanan utama bahwa bagi peserta didik pada satuan pendidikan SD harus menguasai kompetensi membaca, menulis, berhitung, mampu menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat serta mampu melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.

Lomba Calistung merupakan suatu kegiatan yang dapat mewadahi unjuk prestasi pencapaian tiga kemampuan dasar peserta didik  kelas I, II dan III SD. Kegiatan tersebut amat perlu dilaksanakan mengingat  asumsi bahwa kemampuan membaca, menulis dan berhitung dalam platform pencapaian domain  kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik SD  adalah merupakan pondasi pengembangan peserta didik yang harus dibina sejak dini.

Tujuan akhir dari kegiatan tersebut diharapkan semua peserta didik kelak mampu memiliki kemampuan baca, tulis, dan hitung yang handal dan memiliki kepribadian yang bernilai tinggi, untuk mengangkat harkat serta martabat bangsa dan Negara.

Materi Lomba:
Materi lomba mengacu pada  Standar Isi sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Materi lomba  yang dimaksudkan Calistung dalam konteks lomba ini bukan  hanya terkait dengan kemampuan berbahasa (membaca dan menulis) untuk mata  pelajaran kelompok bahasa dan berhitung untuk Matematika, tetapi juga implikasi Calistung secara lebih luas kepada mata pelajaran lainnya, oleh karena itu naskah lomba dapat dikembangkan mencakup keterhubungannya dengan mata pelajaran lain selain Bahasa Indonesia dan Matematika.

Teknis Lomba:
Penyelenggaraan lomba Calistung mencakup tahapan dengan deskripsi kegiatan seperti berikut :
Kelas
Tahap I
(33 %)
Tahap II
(23 %)
Tahap III
(22 %)
Tahap IV
(22 %)
I
Tes tertulis Berhitung
Tes tertulis
(membaca dan menulis)
Menulis Tegak bersambung
Membaca teknis
II
Berhitung Mencongak
Tes tertulis
(membaca dan menulis)
Menulis Dikte
Membaca teknis
III
Berhitung Mencongak
Tes tertulis
(membaca dan menulis)
Menulis Dikte
Membaca Teknis
Prosedur, Mekanisme, Dan Teknis Pelaksanaan Lomba Membaca Menulis Dan Berhitung Kelas I, II, dan III Sekolah Dasar:
1. Pedoman Lomba Calistung --> DI SINI
2. Teknis Lomba Calistung --> DI SINI

Download Instrumen Penilaian Lomba Calistung di bawah:

Contoh Soal:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Petunjuk Teknis Lomba Calistung dan Format Instrumen Penilaian"

Post a Comment