Tujuan Pendidikan Dasar adalah: meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, dengan penekanan utama bahwa bagi peserta didik pada satuan pendidikan SD harus menguasai kompetensi membaca, menulis, berhitung, mampu menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat serta mampu melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.
Lomba Calistung merupakan suatu kegiatan yang dapat mewadahi unjuk prestasi pencapaian tiga kemampuan dasar peserta didik kelas I, II dan III SD. Kegiatan tersebut amat perlu dilaksanakan mengingat asumsi bahwa kemampuan membaca, menulis dan berhitung dalam platform pencapaian domain kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik SD adalah merupakan pondasi pengembangan peserta didik yang harus dibina sejak dini.
Tujuan akhir dari kegiatan tersebut diharapkan semua peserta didik kelak mampu memiliki kemampuan baca, tulis, dan hitung yang handal dan memiliki kepribadian yang bernilai tinggi, untuk mengangkat harkat serta martabat bangsa dan Negara.
Materi Lomba:
Materi lomba mengacu pada Standar Isi sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Materi lomba yang dimaksudkan Calistung dalam konteks lomba ini bukan hanya terkait dengan kemampuan berbahasa (membaca dan menulis) untuk mata pelajaran kelompok bahasa dan berhitung untuk Matematika, tetapi juga implikasi Calistung secara lebih luas kepada mata pelajaran lainnya, oleh karena itu naskah lomba dapat dikembangkan mencakup keterhubungannya dengan mata pelajaran lain selain Bahasa Indonesia dan Matematika.
Teknis Lomba:
Penyelenggaraan lomba Calistung mencakup tahapan dengan deskripsi kegiatan seperti berikut :
Kelas
|
Tahap I
(33 %)
|
Tahap II
(23 %)
|
Tahap III
(22 %)
|
Tahap IV
(22 %)
|
I
|
Tes tertulis Berhitung
|
Tes tertulis
(membaca dan menulis)
|
Menulis Tegak bersambung
|
Membaca teknis
|
II
|
Berhitung Mencongak
|
Tes tertulis
(membaca dan menulis)
|
Menulis Dikte
|
Membaca teknis
|
III
|
Berhitung Mencongak
|
Tes tertulis
(membaca dan menulis)
|
Menulis Dikte
|
Membaca Teknis
|
Prosedur, Mekanisme, Dan Teknis Pelaksanaan Lomba Membaca Menulis Dan Berhitung Kelas I, II, dan III Sekolah Dasar:
1. Pedoman Lomba Calistung --> DI SINI
2. Teknis Lomba Calistung --> DI SINI
Download Instrumen Penilaian Lomba Calistung di bawah:
Contoh Soal:
0 Response to "Petunjuk Teknis Lomba Calistung dan Format Instrumen Penilaian"
Post a Comment